TENTANG KAMI

Center for Islamic Studies Universitas Nasional atau Pusat Pengajian Islam Universitas Nasional (PPI-Unas) adalah pusat studi di Universitas Nasional,  berdiri pada tanggal 30 Jumadil Awwal 1405 H  atau bertepatan dengan 20 Februari 1985  oleh Rektor Universitas Nasional Prof. Dr. Mr.Sutan Takdir Alisyahbana dan Menteri Agama RI H. Munawir Sadjali,MA.

Dalam piagam yang ditandatangani oleh dua tokoh tersebut, disebutkan cita-cita besar Pusat Pengajian Islam:

Semoga Allah SWT meridhai, sehingga bermanfaat bagi umat manusia.

Dalam prosesnya, pusat studi ini kemudian resmi berada dibawah Rektor Universitas Nasional  dengan SK Rektor Universitas Nasional No 247 Tahun 1999

PPI Unas berkonsentrasi untuk mengkaji berbagai pemikiran dan perspektif ajaran Islam untuk menjawab tantangan Islam terkini, terutama dalam kaitan dengan Perspektif Islam dalam lingkungan hidup, konservasi alam dan perubahan iklim. Kami membangun jembatan penghubung antara para ahli dan tokoh dengan komunitas Muslim serta ilmuwan dan praktisi lingkungan demi kebaikan manusia dan planet ini.

Kami mendorong dan mengintegrasikan  pemikiran Islam dan kajian ilmiah dan berkontribusi pada inisiatif lokal, nasional, regional dan internasional tentang Islam dan lingkungan. Institusi ini terakreditasi di UNEP (United Nation Environmental Program) yang berkontribusi pada upaya global menata Lingkungan hidup.

Kajian kami juga terbuka untuk kegiatan yang bersifat akademis dan kajian-kajian tentang pemikiran Islam baik klasik maupun kajian pemikiran Islam modern yang kemudian bersifat sebagai landasan praksis dan sumbangan lembaga pemikiran (think thank).

Visi

Memperkuat  peradaban dengan ilmu dan iman

Misi

Memperkuat dan memajukan ilmu pengetahuan dan menyokong keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Memajukan ilmu pengetahuan dan mempelajari khazanah Islam yang dapat menjadi modalitas bagi kemajuan umat manusia khususnya bangsa Indonesia dan berkontribusi pada dunia.

Paparan Ketua Center for Islamic Studies tentang Sejarah berdirinya PPI Sejak 1985

Pusat Pengajian Islam (PPI) didirikan di Universitas Nasional 30 Jumadil Awwal 1405 H bertepatan dengan 20 Februari 1985, ditetapkan oleh Rektor Universitas Nasional Prof. Dr. Mr.Sutan Takdir Alisyahbana dan Menteri Agama RI H. Munawir Sadjali,MA. Berdirinya PPI bertujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan dan mempelajari khazanah Islam yang dapat menjadi modalitas bagi kemajuan umat manusia khususnya bangsa Indonesia. Selain itu, pusat pengajian ini didirikan untuk mempelajari dan mengembangkan ilmu-ilmu ke Islaman dengan semangat Rahmatan Lil ‘Alamin. Pemulaan kegiatan PPI dicanangkan dengan sebuah doa dalam Piagam pendiriannya:

Semoga Allah SWT meridhainya sehingga bermanfaat bagi umat manusia

Sebagaimana diketahui, bahwa Agama Islam adalah agama yang membawa peradaban dan perubahan yang tidak dapat dipisahkan dengan sejarah berdirinya bangsa Indonesia dengan semangatnya dalam mempertahankan kemerdekaan dan menciptakan perdamaian abadi bagi semua bangsa.

PPI pada awal dipimpin oleh tokoh-tokoh intelektual Islam terkemuka, seperti Prof. Dr. Harun Nasution, Prof Dr. Deliar Noer, Drs. Lukman Harun, Dr. Peni Chalid, dll.

piagam-ppi-unas

Visi dan Misi Pusat Pengajian Islam

VISI

– PPI merupakan wadah untuk memajukan pemikiran Islam dalam konteks kekinian dengan berlandaskan khazanah Islam yaitu Al Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad saw

MISI

– Mengkaji dan majukan ilmu pengetahuan yang menjadi kepentingan umat Islam dimasa kini dan masa yang akan datang.

ROADMAP

roadmap-ppi