Berbincang tentang Eco Masjid di Surau al Ittihadiyah Shah Alam

SHAH ALAM–  Forum Bicara Ad-Deen yang diselenggarakan oleh Surau Al-Ittihadiyyah, Seksyen 9 bekerja sama dengan Institute Kefahaman Islam Malaysia (IKIM) menghadirkan Dr Fachruddin Mangunjaya selaku fellow visiting di IKIM, mendapat kehormatan sebagai pembicara  dalam peranan masjid untuk memperkasakan pendidikan alam sekitar.Dengan keahliannya memberikan praktek eko masjid (eco surau practices). ” Masjid adalah rumah kita juga, di tempat ini kita semua bisa berkumpul dan saling bertukar gagasan yang dapat memberikan kebaikkan untuk umat dan alam sekitar. Kita perlu berhemat air, listrik, mengolah sampah, menjaga hewan dan tumbuhan sekitar, disinilah ayat-ayat kauniyah dan kauliyah dipraktekan”, paparnya.

39339936_1987033661318244_2006534104224366592_n

Kegiatan ini  di dilaksanakan hari Kamis (16/8) dihadiri sekitar 200 warga sekitar dari kalangan aktivis surau, cendekiawan, NGO, dan universitas sekalian berbuka puasa sunnah.  Tujuan dari  kegiatan ini adalah bagaimana peserta yang hadir tidak saja dapat memahami amalan/teknologi hijau dan kepentingannya tetapi juga diajak untuk mau berperan serta dapat memahami Deklarasi Islam tentang Perubahan Iklim(DIPI) dalam mewujudkan kesatuan pemikiran dan fiqh al-Bi’ah.
Pembicara lain yang berkontribusi juga adalah Professor Madya Wan Mohammad Yusof Wan Chic, dari Universitas Sultan Zainal Abidin (UNIZA). Terengganu dan ditutup oleh Prof. Dr. Azizan Baharudin selaku Ketua Pengarah dari IKIM.  Serta pemutaran film eko masjid yang telah berhasil dipraktekkan di Indonesia dalam mempraktekan amalan hijau.

Dialog Islam dan Sains
Selain itu, Dr Fachruddin juga intensif menjadi narasumber tentan Islam dan Sains, yang bertema tentang amalan hijau atau isu alam sekitar termasuk perubahan iklim. Dalam slot terakhir beliau hari Jumat (17/5), dibahas juga tentang Deklarasi Islam tentang Perubahan Iklim yang memberikan wawasan tentang pentingya umat Islam dalam terlibat mencegah lajunya pemanasan bumi melalui gerakan pengurangan emisi gas rumah kaca baik melaui perilaku sehari-hari maupun dalam aksi bersama di komunitas. (Lihat: Foto-foto Visiting Fellow di IKIM)
Berita Terkait: