DUNIA MEMBUTUHKAN ETIKA DAN MORAL DALAM PENGELOLAAN BUMI DAN PERUBAHAN IKLIM

Rudi1

Jakarta-Dosen senior Fakultas Biologi dan Sekolah Pasca Sarjana Universitas Nasional Fachruddin Majeri Mangunjaya mengatakan untuk dapat mengelola bumi dengan baik maka harus punya etika dan moral dalam melakukan ekologi politik.

Fachruddin dalam diskusi Pojok Iklim yang membahas Ekologi Politik Perubahan Iklim secara daring di Jakarta, Rabu, mencontohkan soal negosiasi iklim yang panjang, dan ternyata setelah Paris Agreement disepakati Amerika Serikat justru keluar padahal mereka sebagai emiter besar.

“Kalau kita lihat dan dikaitkan dengan masalah ekologi politik maka akhirnya berujung pada bagaimana kita kelola bumi ini harus ada etika dan moral,” kata Fachruddin.

Menurut Fachruddin, di Universitas Nasional sikap dan perilaku masyarakat diteliti apakah bisa berubah karena ada penjelasan tentang etika dan moral dalam agama. Mereka ditanyai perihal pandangan dan sikapnya agar mau berkontribusi pada lingkungan secara etika dan moral.

Munculnya green activism menjadi green jihad, dengan melaksanakan penanaman pohon dan membuat petisi untuk yang menolak pembukaan lahan untuk jalan tambang. Ada juga green innovation yang kemudian disebut green ijtihad, dengan mengembangkan teknologi energi baru terbarukan (EBT) agar masyarakat tidak memakai energi kotor.

Lalu ada green lifestyle atau disebut zuhud, di mana masyarakat dapat menjalankan pola hidup sederhana dalam Islam. “Selama ini kita boros menggunakan sumber daya alam di bumi. Kalau dengan gaya hidup seperti sekarang kita butuh dua kali bumi, jadi perlu lebih hemat menggunakan sumber daya,” katanya.

Dengan adanya pandemi COVID-19, menurut Fachruddin, sangat perlu menjalankan zuhud. “Kalau tidak perlu sekali, tidak perlu menggunakan mobil. Kita secara positif harus bisa memberi hal baik untuk anak cucu kita nanti,” katanya.

Ia mengatakan trade off politik praktis di legislatif dan eksekutif itu hanya sekarang dirasakan, tapi kalau ekologi itu jangka panjang. “Kita bisa kehilangan amanah sebagai khalifah yang diminta mewarisi bumi dengan kondisi baik untuk anak cucu tapi tidak dilakukan,” katanya.

“Saya imbau di legislatif ikut berpikir masa depan. Ketika ekologi rusak terjadi kebakaran hutan dan lahan besar ini juga mempengaruhi politik di 1997 yang menimbulkan krisis,” kata Fachruddin.

Sama dengan Musim Semi Arab yang membuat Presiden Mesir Hosni Mubarak mengundurkan diri, yang sebenarnya diawali karena Rusia yang tidak bisa mengekspor gandumnya ke Timur Tengah setelah musim panas berkepanjangan yang membuat gagal panen. Harga pangan menjadi melambung di Arab sehingga membuat rakyat protes.

Dalam diskusi tersebut penasihat senior Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sarwono Kusumaatmadja mengatakan dari diskusi dapat diambil kesimpulan bahwa rezim di dunia harus mengalami transformasi supaya lebih implisit menjelma menjadi sosio ekologi yang mampu berperilaku adil, sehingga lingkungan bisa diselamatkan untuk semua.

Dan kunci dari masalah itu, menurut dia, terletak dari kemampuan beradaptasi ke arah sistem ekonomi yang lebih inklusif, tidak seperti sekarang. “Apakah masa depan itu akan tiba? Kita tidak akan pernah tahu,” katanya.

Sumber: Antara

Video pojok iklim dapat dilihat di sini

Baca juga:

Membedah Ekologi Politik Kebakaran Hutan dan Lahan

 

 

 

Bagikan Artikel

Recent Posts

NEWS & EVENTS

Membumikan Perjanjian Al-Mizan

Para ulama, cendekiawan, dan aktivis lingkungan muslim baru saja melahirkan Perjanjian Al-Mizan. Upaya menjaga masa depan bumi dan peradaban. Koran Tempo, Senin, 18 Maret 2024

Read More »