Go Green: Dari Masjid ke Masyarakat

KUALA LUMPUR –  Ketua Pusat Pengajian Islam, Dr Fachruddin Mangunjaya, mendapat kehormatan untuk menyumbangkan pemikirannya di Institut Kefahaman Islam Malaysia (IKIM). Dengan keahliannya memberikan fasilitasi sebagai pemateri kursus dengan tema: Amalan Hijau dari Masjid ke Masyarakat. Amalan hijau adalah kata lain dari go green, atau hidup secara ramah lingkungan. Kegiatan ini  dilaksanakan oleh Dewan Besar IKIM dalam rangka kunjungan  Dr.Fachruddin M Mangunjaya dari Universitas Nasional selaku visiting fellow di IKIM.
DSC_4594 - Copy
Sebagian peserta pelatihan dalam sesi foto bersama.
Kursus dilaksanakan selama sehari, Senin  (13/8) dihadiri 40 peserta dari kalangan aktivis surau, cendekiawan, NGO, dan universitas.   Tujuan dari  kursus ini adalah bagaimana peserta yang hadir dapat memahami amalan/teknologi hijau dan kepentingannya,  serta memahami Deklarasi Islam tentang Perubahan Iklim(DIPI) dalam mewujudkan kesatuan pemikiran dan fiqh Al-Bi’ah. “Dalam hal ini input dan penglibatan ulama dan umarak adalah penting,” demikian tulis IKIM dalam brosur yang disebarkannya.
brosur
Pembukaan di awali oleh Datuk Prof. Dr. Azizan Baharudin selaku Ketua Pengarah dari IKIM.  Adapun materi yang disampaikan adalah tentang best practice go green, serta pemaparan tentang pengalaman Indonesia dalam menjalankan program ekopesantren dan ekomasjid. Dipaparkan pula  ayat-ayat  kauniyah dan kauliyah tentang amalan hijau, serta pemutaran film para ustadz yang telah berhasil mempraktekan amalan hijau.
Berita Terkait: