Islam dan Pengelolaan Hutan di Sumatra

Inilah sebuah laporan yang cukup obsesif dirancang pada mula dengan cita-cita ingin memperoleh gambaran interaksi Islam, adat dan pemanfaatan sumber daya alam di Sumatra Barat. Buku ini diterbitkan memuat beberapa hasil penelitian serta intervensi proyek yang dilakukan di Sumatra. Jangka penulisan buku ini memang tertunda selama lebih dari 1 tahun. Namun akhirnya terbit juga dengan judul: “Integrating religion within conservation: Islamic beliefs and Sumatran forest management”. Pembahasan dalam buku ini merupakan merupakan uji antara teori, intervensi praktis gerakan lingkungan dan studi tentang budaya Minangkabau sendiri dengan sandi adat dan religiusitas yang kuat.islam-dan-pengelolaan-hutan-di-sumatra-01

Ditulis dan diberi pengantar Professor Ilmu Hukum Ekologi, Stuart R Harrop dari DICE dan Sidi Fazlun Khalid, Pendiri Islamic Foundation for Ecology and Environmental Science. Selebihnya, saya menulis tentang aspek teoritis dan praktis tentang Islam dan Pengelolaan Sumber Daya Alam, sedang penulis lain adalah, Yoan Dinata, Rudi Febriamansyah, Nurul Firmansyah, , Erlinda Cahya Kartika, Fazlun M Khalid, Jeanne E McKay, Yasser Premana, Rusdiyan P Ritonga, Feri Rolis, Jomi Suhendri, Ari Susanti and Sandra Winarsa, Mereka adalah terdiri dari aktifis lingkungan, akademisi, mahasiswa master yang mendapat beasiswa dalam program ini, dan mitra, seperti dari British Council dan Conservation International (saya terlibat dalam kegiatan ini sewaktu di CI).

Banyak pelajaran komprehensip yang bisa dibaca dari kegiatan ini, yang jelas, laporan ini membuktikan keyakinan saya, bahwa masih mempunyai pengaruh besar agama dan budaya dalam pengelolaan sumber daya alam, mempunyai peran penting dan signifikan.

Dengan terbitnya buku ini, saya ingin mengucapkan selamat kepada semua teman-teman yang terlibat, semoga menjadi khasanah intelektual yang berarti untuk mencatat budaya minang, keyakinan agama serta lingkungannya.

Berikut ini adalah daftar isinya:

Chapter I Islam and Natural Resource Management 11
Chapter II The History of the Minangkabau 21
Chapter III Biodiversity, Ecosystem Services and their Threats in West Sumatra 25
Chapter IV
Part I – The Darwin Initiative and Project Intervention 31
Part II – Islamic Teachings and Traditions in Community-Based Forest Management 41
Part III – Religious Leaders and their Role in Local Forest Management: A Case Study in Nagari Guguk Malalo, West Sumatra 53
Part IV – Understanding Natural Resource Use Management in Nagari Pakan Rabaa Timur: A Participatory Rural Appraisal Approach 65
Part V – Climate4Classrooms: Getting the Science of Climate Change and the Environment into the Classroom 71
Part VI – Integrating Biodiversity Conservation and Livelihood Projects in West Sumatra

Keunikan dari proyek ini adalah, tidak sekedar proyek biasa, tetapi dia menghasilkan dua beasiswa master yang melakukan studi sandwich di UNAND dan DICE, juga keterlibatan para tokoh adat dan ustadz serta datuk dan ninik mamak, saya jadi banyak belajar bahasa Padang!

islam-dan-pengelolaan-hutan-di-sumatra-02

Last but not least, saya ingin mengucapkan selamat kepada Jeanne McKay, sahabat saya yang telah dengan teliti dan tekun menyunting buku ini. Sungguh pekerjaan tidak mudah dan memerlukan kesabaran, untuk mengedit bahasa Inggris dari para penulis yang bukan mempunyai basic bahasa ibu berbahasa Inggris. Ketabahannya sangat kami hargai untuk kemudian akhirnya buku ini bisa terbit dan dapat dibaca.