Pemenang Lomba Proposal Eco Pesantren 2010

10 Pondok Pesantren berhasil ditetapkan sebagai pemenang Lomba proposal dari 40 Pondok Pesantren yang Proposalnya masuk ke panitia selama periode bulan Maret s/d Agustus 2010. Penyelenggaraan Lomba Proposal Penyediaan Sarana Fisik Pendukung Eco-Pesantren sebagai salah satu bentuk aplikasi Program Eco-Pesantren, bertujuan antara lain untuk memotivasi dan mendorong terwujudnya upaya penyediaan sarana fisik dan kegiatan ramah lingkungan secara swadaya dan mandiri oleh Pondok Pesantren sebagai salah satu ciri bahwa Pondok Pesantren tersebut telah berwawasan lingkungan. “Pengembangan sarana fisik dan kegiatan ramah lingkungan yang dipelopori oleh Pondok Pesantren diharapkan dapat dijadikan percontohan bagi komunitas Pondok Pesantren dan masyarakat sekitarnya”. Demikian antara lain disampaikan oleh Ir. Bambang Widyantoro, Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan, Deputi Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat pada acara Rapat Tim Teknis Penilaian dan Penetapan nominasi Pemenang Lomba Proposal Tahap I yang diselenggarakan pada tanggal 30 Agustus 2010 yang lalu.

pemenang-lomba-proposal-eco-pesantren

Susunan keanggotaan Tim Teknis Penilai dan Penetapan Nominasi Pemenang Lomba Proposal Penyediaan Sarana Fisik Pendukung Eco-Pesantren terdiri dari : Pengarah Ir. Bambang Widyantoro, Penanggung Jawab Wartim Sumana, S.Sos dari KNLH, Ketua Prof. Dr. H. Ahmad Sudirman Abbas, MA dari UIN Syarief Hidayatullah Jakarta, Wakil Ketua Drs. Fachruddin Mangunjaya, M.Si dari Conservation Internasional (CI), Anggota : Drs. H. Mardani Djuhri, MA dari Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta, H. Mora Sakti Hutasuhut, S.Sos. M.PdI, Zaimah, S.Sos. M.Si dan Prasetyo Nugroho, S. Sos. Msi, serta Staf Pendukung dari KNLH.

Ke 10 Pondok Pesantren yang berhasil memenangkan lomba Proposal tersebut akan mendapatkan hadiah berupa biaya untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan proposalnya dan Piagam Penghargaan dari Deputi VI Menteri Negara Lingkungan Hidup, sbb:

No. Kategori yang diperlombakan Nama dan Alamat Pondok Pesantren Pemenang Lomba Cluster Wilayah
1. Perpustakaan Berbasis Lingkungan Tidak ada
2. Pengembangan Layanan Informasi berbasis lingkungan 1. Darul Falah Jekulo, Kudus, Jawa Tengah Jawa Tengah
2. Pondok Pesantren Modern IRSAL, Bandung, Jawa Barat Bandung Raya
3. Pengelolaan Sampah Terpadu 3. Pondok Pesantren Riyadlus Solihin,

Probolinggo, Jawa Timur

Jawa Timur
4. Darul Ulum Banyuanyar Palengan

Pamekasan, Madura

Madura
4. Pengelolaan Sanitasi dan Sumber Air Bersih 5. Al Ma’arif Bukittinggi, Sumatera Barat Sumatera Barat
5. Pemanfaatan Lahan untuk kegiatan RamahLingkungan 6. Islamic Studies Centre (ISC) Aswaja

Lintang Yogyakarta

D.I. Yogyakarta
7. Daar El Ma’arif, Pandeglang, Banten Banten
8. Yayasan Pendidikan Pesantren

Miftahulhuda Al Musri Cianjur, Jabar

Bogor, Sukabumi,Cianjur
9. An Nuriyah Bontocinin, Jeneponto

Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan
10. Mahad Nurul Haromain, Pujon

Malang, Jawa Timur

Jawa Timur

Sumber : Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan, Deputi VI KNLH