Peran Aktif PPI UNAS Diapresiasi UNEP

Peran aktif Pusat Pengajian Islam (PPI) UNAS  yang berkiprah selama ini menggalang kekuatan agama –khususnya Islam–dan juga agama agama lain dalam membantu perbaikan lingkungan, diapresiasi oleh Program PBB Untuk Lingkungan Hidup (UNEP). Dalam beberapa tahun terakhir UNEP mempunyai program khusus menggalang pelibatan agama dalam gerakan konservasi. Gerakan itu disebut dengan Faith for Earth (#Faith4Earth).

Slide2
UN Environmental Assembly 4, Faith for Earth Syntesis Report

UNEP Faith for Earth Syntesis Report Pdf 

Salah satu tujuan utama Faith for Earth menurut UNEP  adalah dalam upaya melibatkan organisasi berbasis agama (FBO) dan memobilisasi para pemimpin dan masyarakatnya  dalam kemitraan yang efektif untuk secara kolektif mencapai  Tujuan Pembangunan Pembangunan (SDG) dan memenuhi tujuan Agenda 2030.

PPI Universitas Nasional dalam laporan UNEP, disebutkan sebagai organisasi yang peduli di Indonesia dalam berpartisapasi aktif  dalam berbagai proyek lingkungan  termasuk dalam,  menangani perdagangan hidupan liar tackling the trade of illegal wildlife,  studi perubahan perilaku masyarakat, dan mendidik masyarakat dalam penyadaran dan edukasi untuk perubahan iklim.

Slide1Pada akhir December 2017, PPI UNAS  diundang untuk turut berkontribusi dalam memberikan masukan kepada UNEP dalam kapasitasnya sebagai lembaga yang telah aktif dengan inisiati agama dan lingkungan.
Lihat: PPI Hadiri Sidang PBB untuk Kesadaran Lingkungan Melalui Agama

Kegiatan ini menghasilkan laporan  pencapaian dari Faith for Earth Initiative selama periode 2018-2019 dengan  pencapaian tiga tujuan menyeluruhnya yang dicatat oleh UNEP:

  • Memperkuat Kemitraan dengan Kepemimpinan Organisasi Berbasis Agama untuk Dampak Kebijakan
  • Investasi, Operasi, dan Aset Berbasis Organisasi Hijau Iman
  • Membangun Sistem Dukungan Berbasis Pengetahuan yang Dapat Diakses

Lihat: UNEP, Faith for Earth Achievement Report

PPI berperan aktif berjeraring dengan lembaga-lembaga dan para ilmuwan seluruh dunia untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) khususnya melalui pendekatan agama.

Pada tahun 2015, PPI bersama dengan tokoh  Indonesia Prof Din Syamsuddin, turut meluncurkan Faith Commitrment for UNSDGs.

Lihat: Komitmen Bristol untuk SDGs Diluncurkan

Kaegiatan ini dapat dilakukan dalam bentuk kemitraan  yang beragam, dari kegiatan dialog antar agama dan keyakinan dan mengadakan konferensi dari tingkat nasional, pelatih di tingkat akar rumput, hingga di kawasan regional dan global. PPI juga bekarjasama dengan lembaga dan badan pemerintah dalam upaya mensinergikan kegiatan dan penguatan aksi, salah satunya  dengan Badan Restorasi Gambut (BRG). Lihat: Mendekatkan Masjid dalam Aksi Restorasi Gambut.

Berita Terkait: