PPI Hadiri Undangan PBB untuk Sustainable Development Goal

JAKARTA (PPI, 5/9)– Setelah usai Millenium Development Goal (MDG), maka akan dilanjutkan dengan tujuan global untuk pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goal-SDG) yang akan dicangankan oleh PBB dalam waktu dekat. Sebab itulah Alliance of Religions and Conservation (ARC) dan  United Nations Development Programme (UNDP), mengundang tokoh agama dari seluruh dunia untuk membahas hal tersebut. Dalam pertemuan bertajuk  Faith in the Future: UN Bristol Meeting on Faiths and Sustainable Development Goals di Bristol, UK 8-9 September 2015, akan dibahas kontribusi umat beragama dalam upaya implementasi SDG.  Dari Indonesia panitia mengundang  Wakil Ketua Pusat Pengajian Islam (PPI) Dr. Fachruddin M. Mangunjaya dan Prof Din Syamsuddin dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Indonesia termasuk negara yang diperhitungkan karena potensi umat beragama yang besar dan bebarapa inisiatif organisasi berbasis agama untuk lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, telah banyak dilakukan,” jelas Fachruddin Mangunjaya, menjelang keberangkatannya ke Bristol,  UK.

Pertemuan ini merupakan satu-satunya diskusi oleh PBB yang khusus diselenggarakan bersama pemuka agama sebelum mereka mengumumkan tertang  Sustainable Development Goals (SDGs) secara resmin oleh PBB akhir bulan ini. Ada 17  tujuan yang diarakan untuk mencapai target pembangunan di seluruh dunia dalam 15 tahun mendatang. Target ini akan menggantikan MDG yang akan berakhir 2015. Hasil dari pertemuan ini nantinya juga akan diadopsi oleh PBB dan diumumkan pada KTT  Sustainable Development Summit, 25-27 September di New York.(END)