Profil Staff

Staff Pusat Pengajian Islam adalah staff aktif dan juga akademis yang tidak lepas dari kegiatan mendidik di Universitas Nasional, berpedoman pada tridharma: pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

fmDr Fachruddin M Mangunjaya, MSi
Ketua Pusat Pengajian Islam
/Executive Director

Selain sebagai ketua, beliau adalah Fellow the Climate Reality Project (TCRP), organisasi gerakan penyadaran perubahan Iklim yang dipimpin oleh Al Gore (Wakil Presiden Amerika Serikat). Visiting Fellow Institute Kefahaman Islam Malaysia (IKIM) 2018-2019. Alumni Fakultas Biologi Universitas Nasional (S1), Master (S2) di Jurusan Biologi Konservasi MIPA UI, serta meraih gelar PhD (S3) di bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan  (PSL), Institut Pertanian Bogor (IPB).  Menekuni usaha untuk menghubungkan kearifan agama (Islam) dengan gerakan konservasi alam dan lingkungan dan perubahan iklim.

Selain sebagai dosen di Sekolah Pasca Sarjana Universitas Nasional, beliau aktif mengikuti berbagai pertemuan dialog agama dan lingkungan di berbagai belahan dunia. Menulis lebih dari 27  buku buku terkait berbagai isu lingkungan hidup, publikasi di jurnal ilmiah dan juga menulis  di media-media nasional dan internasional.

hendraDr.Hendra Maujana Saragih, SIP, MSi.
Sekretaris Pusat Pengajian Islam
Google Citation

Selain sebagai sekretaris beliau adalah Dosen Hubungan Internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Nasional. Berlatar belakang pendidikan pesantren Modern Gontor, Ponorogo.  PhD (S3) dari Universitas Pajajaran Bandung di bidang hubungan internasional  tahun 2020. Beliau juga terlibat aktif sebagai peneliti baik pada instansi pemerintah, maupun swasta  dan berbagai kegiatan terkait dengan peningkatan kapasitas ulama dalam implementasi program-program pendidikan yang dilakukan oleh PPI.

Beliau aktif mengikuti berbagai kegiatan akademis seperti seminar nasional dan internasional, menulis bebarapa jurnal dan publikasi ilmiah di terbitan dalam dan luar negeri.

Hendra dapat dihubungi melalui e-mail

gp 2Dra. Gugah Praharawati, MSi.M

Senior  Researcher and  Project Officer
Research Gate

Selain berpengalaman sebagai finance and billing officer pada sebuah rumah sakit swasta di Jakarta. Alumni Fakultas Biologi (S1) Universitas Nasional dan Ekonomi Manajemen pada Sekolah Pasca Sarjana (S2) Universitas Nasional. Melanjutkan doktoral  (S3) di Sekolah Pasca Sarjana IPB, bidang Konservasi Hutan Tropika. Aktif dalam kegiatan yang dilakukan oleh PPI terkait dengan lingkungan hidup dan air, sanitasi dan higiene. Aktif juga sebagai pelatih dan peneliti serta  giat dalam jejaring Indonesia Women for Water Sanitation and Hygiene (IWWASH). Aktif dalam berbagai seminar nasional dan international serta menulis di beberapa jurnal Ilmiah.
Ara dapat dihubungi melaui e-mail

 Yesi Maryam, SSi
Profile staff-Yesi

Communication Officer
Yesi Maryam adalah Communication Officer of PPI-UNAS. Alumni  Jurusan Komunikasi di Fakultas Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI), 1997. Beliau mempunyai pengalaman dalam berbagai bidang terkait dengan fasilitasi untuk komunitas masyarakat, termasuk proyek yang berhubungan dengan soal pengentasan kemiskinan, sanitasi dan air serta energi dan lingkungan hidup.

Kontak: e-mail 

PENELITI   

sufyatiDr. Sufyati, HS. SE,. ME
 Senior Researcher

Google Citation
Research Gate
Dr. Sufyati adalah Associate Professor (lector kepala) dan peneliti senior di Pusat Pengajian Islam, beliau adalah Anggota Ikatan Alumni Ekonomi Islam dan Anggota Masyarakat Ekonomi Syariah  dan Tim Redaksi Jurnal HIMMAH – Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Alumni  Studi Manajemen – Konsentrasi Manajemen Keuangan -Universitas Nasional  Jakarta  (S1), S2 – Magister Manajemen- Konsentrasi Manajemen Keuangan -Universitas Satyagama Jakarta  dan Doktor-  Ekonomi Islam-SPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Aktif Anggota Assosiasi Dosen Indonesia dan mengajar pada Fakultas Ekonomi di Universitas Nasional.  Belia aktif sebagai peneliti dan  pembawa makalah di berbagai konferensi nasional dan internasional.  Dapat dihubungi melui E-mail

 ajengAjeng Rizki Rahmanillah, MSi
Research Associate

Memperoleh gelar magister di  Faculty of Humanities, Jurusan Bahasa Arab, Universitas Indonesia. Lulus tahun  2013, pada jurusan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,  Universitas Indonesia. Selain peneliti di Pusat Pengajian Islam,  juga sebagai staff pengajar di  jurusan hubungan internasional Universitas Nasional.
Fokus studinya antara lain  tentang Transnational Society,  dan masalah globalisasi. Terlibat aktif berdama PPI dalam kegiatan penelitan kualitatif dan kuantitatif tentang penyadaran masyarakat Muslim terhadap sanitasi di daerah Karawang dan Depok, Jawa Barat, kerjasama PPI dengan Global One, UK.

Ajeng dapat dihubungi melalui e-mail

 yere imran FmDrs Imran SL Tobing, MSi
Senior Researcher
Google Citation

Selain sebagai peneliti senior di Pusat Pengajian Islam, beliau adalah Dekan Fakultas Biologi Universitas Nasional ( periode I 2009-2013, II 2013-2017 dan III 2018-sekarang), banyak terlibat dalam bidang penelitian keanekaragaman hayati dan isu-isu lingkungan dan konservasi di Indonesia.  Magister (S2) dari Institut Pertanian Bogor dan Drs (S1) dari Fakultas Biologi Universitas Nasional. Beliau pernah menjadi Kepala Lab. Zoologi, 1986-1990 dan aktif sebagai Sekretaris Umum Yayasan Titian Jakarta, 1998-2004.

Pernah pula menjadi Pembantu Dekan (Pudek) Bidang Kemahasiswaan Fabiona 2001-2005, Pudek Bid. Akademik Fabiona 2005-2009, Ketua Tim Evaluator proposal dosen Fak. Biologi UNAS 2006-2009, Sekretaris Pusat Pengkajian Lingkungan dan Konservasi Alam 2001-kini, Ketua Umum Yayasan Titian 2004-kini, Ketua Dewan Penyunting VIS VITALIS jurnal ilmiah biologi 2008-sekarang. Penelitian beliau terkait dengan fatwa MUI dan konservasi di Sumatera diterbitkan di Journal Indonesia Natural History.

Imran dapat dihubungi melalui e-mail

 

yere imran Fm - CopyDrs Yeremiah R Tjamin,MSi
Senior Researcher

Selain sebagai dosen di Fakultas Biologi, beliau adalah independent consultang untuk beberapa perusahaan terkait dengan Analisis Dampak Lingkungan. Sedang menyelesaikan riset doktornya di bidang biomedis, di Universitas Indonesia. Terlibat aktif dalam kegiatan penelitian terutama dalam penyiapan instrumen, analisis statistik dan metodologi penelitian. Yeremiah adalah salah satu dosen senior yang banyak mengampu beberapa mata kuliah multidisiplin, antara lain bioinformatika, penelaran kritis, biologi komputasi dll.

Yere dapat dihubungi melalui e-mail

Taufik M. Mulyana

Peneliti Junior

Taufik meraih gelar Sarjana Biologi Konservasi dari Universitas Nasional di tahun 2011. Selama masa studinya dia aktif terlibat dalam organisasi kemahasiswaan seperti KSPL Chelonia dan senat mahasiswa. Sebagai seorang peneliti Taufik bertanggung jawab untuk mengelola kegiatan riset seperti survei dan penulisan laporan.

Taufik juga bertanggung jawab untuk mengelola event dan pelatihan untuk sosialisasi Fatwa MUI, menjadi hubungan dengan para ulama dan dai konservasi, dan pertemuan reguler dengan para pemangku kepentingan. Dia memiliki minat dalam penelitian  terkait konservasi keanekaragamanhayati, perilaku mamalia besar serta perlindungan satwa.

Taufik dapat dihubungi melalui e-mail

 

MAGANG-INTERNSHIP

m zulham

Muhammad Zulham, SiP
Magang

Muhammad Zulham adalah lulusan Jurusan Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nasional, adalah seorang aktifis dan pernah menjadi Deputi di  International Relations Students Association ( HIMAHI ), Universitas Nasional. Pada tahun 2018, beliu bekerja di Surveyor dan  Reporter at PT. Poltracking Indonesia. Aktif berbahasa Arab dan Inggris. Skripsinya  bertajuk: Strategi Indonesia Menghadapi China dalam Mewujudkan Poros Maritim Dunia Tahun 2014 – 2017” (Indonesia’s Strategy Facing China in Realizing the Global Maritime Fulcrum from 2014 – 2017).

e-mail: mzulham712@gmail.com

LIHAT: PENASEHAT