PROGRAM

Program Pusat Pengajian Islam Universitas (PPI-Unas) memfokuskan pada kajian kontemporer mengenai tantangan dunia Islam terkini, terutama yang terkait dengan perspektif Islam terhadap lingkungan hidup, konservasi alam, dan perubahan iklim.

Kami membuka ruang kajian yang bersifat akademis untuk menggali berbagai pemikiran Islam, baik klasik maupun modern, untuk menjadi landasan praktis untuk menjawab dan memberi inspirasi, inisiatif serta kontribusi untuk mengatasi dampak perubahan iklim.

Kami mengembangkan pendekatan agama, khususnya Islam untuk memperkuat pencapaian target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals-SDGs) yang menjadi komitmen global dalam mengatasi kemiskinan dan mewujudkan kesejahteraan untuk semua

ISLAM DAN PERUBAHAN IKLIM

Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai dampak perubahan iklim  melalui pengembangan jaringan kerja ilmuwan, kolaborasi organisasi, edukasi dan penyadaran publik.

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN LINGKUNGAN HIDUP

Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya keseimbangan alam dan lingkungan bagi kelangsungan hidup manusia dan ekosistem. Program ini dilaksanakan melalui pengembangan modul dan kurikulum, pelatihan dan pendidikan bagi para pemimpin agama, lembaga pendidikan dan organisasi, serta kelompok masyarakat, baik secara tatap muka ataupun digital.

EKOPESANTREN

Program ini dikembangkan untuk membangun generasi muda Islam yang siap menjawab tantangan dan memberi solusi terhadap persoalan umat di masa depan melalui pengintegrasian ajaran Islam dan ilmu pengetahuan ilmiah terkait penciptaan manusia dan lingkungan hidup, pengembangan modul dan pelatihan, serta tracking pesantren yang ramah lingkungan.

AIR, SANITASI, DAN PERUBAHAN PERILAKU

Program ini dikembangkan untuk membangun jaringan kerja organisasi untuk meningkatkan kesadaran dan perilaku mengenai pengelolaan air dan sanitasi sebagai bagian dari  perilaku beragama  dan bermasyarakat untuk mewujudkan  kesejahteraan bersama.

PENGAJIAN DAN PENELITIAN

Program ini dikembangkan dalam membangun ruang kajian dan dialog yang terbuka, ilmiah dan sehat, dengan menggali berbagai  khazanah dan kekayaan pengetahuan,  menyebarluaskan inspirasi dalam menjawab berbagai tantangan dalam peradaban Islam saat ini.