Tim Ekopesantren Sowan ke Para Kiyai dan Pesantren

JOGJAKARTA, PPI UNAS ( 31/5) Sebagai tindak lanjut implementasi Program Ekopesantren, tim Pusat Pengajian Islam (PPI) UNAS, melakukan kunjungan, mengunjungi beberapa tokoh pesantren guna memberikan penjelasan akan adanya Program Ekopesantren yang akan diusung selama 3 tahun ini oleh tim ekopesantren Universitas Nasional.

“Kegiatan ini adalaah  silaturahim, menemui para tokoh pesantren di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jogjakarta. Untuk menjelaskan seperti apa program ekopesantren yang digagas,” ujar Dr Fachruddin Mangunjaya, yang memimpin kunjungan ke arah Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur.

Adapun tim Jawa Barat dan DKI Jakarta, di komandani oleh Kang Edy Hendras, Program Manager Ekopesantren PPI UNAS.  Kegiatan kunjungan dilakukan selama 5-6 hari sejak tanggal 28 Mei, hingga 4 Juni 2022.

Di Jawa Barat dikunjungi, adalah Pondok Pesantren Kempek, Al Islam Kebon Jambu, Dar al Tauhid Arjawinangun, Madinatunnajah, Cilimus Kuningan; Al Ittifaq,  Ciwidey; Darussalam, Rajpolah, Tasikmalaya; Miftahul Huda Tasikmalaya; Darul Arqam -Muhammadiyah, Garut; Alhikamus Salafiyah, Purwakarta; Pesantren Miftahul Huda Al Musri, Cianjur; Al Amin Cicuruk Sukabumi.

Lihat:

Sedangkan pesantren yang dikunjungi di Jawa Tengah  yaitu, Pesantren Pabelan, Magelang; Pondok Pesantren API  Tegalrejo, Pondok Pesantren Assalam Solo;  dan Pondok Pesantren Darul Amanah di Kendal. Di Jogjakarta tim mengunjungi Pondok Pesantren Assalafiyah Mlangi dan  Pondok Sunan Pandanaran. Sedangkan Di Jawa Timur dikunjungi Pesantren  Lirboyo Kediri, Pesantren Mayan, dan Pesantren Darul Ma’rifat (Gontor 3) dan Pesantren Assalafiah Al Fitri, Surabaya.

Sambutan Antusias

Pondok pesantren menyambut antusias program ekopesantren. “ Ini sebuah inisiatif baik dan perlu mendapat dukungan,” ujar Habib Chirzin, tokoh senior pesantren yang juga menjadi penasehat Pesantren Pabelan, Magelang, Jawa Tengah yang menyambut tim didampingi KH Ahmad Najib Amin Hamam, Pengasuh Pondok Pabelan. Sambutan juga diterima oleh Ustadz Ma’ruf, pengelola badan Wakaf Assalam, didampingi H Sigit Rahardja, dan Muchamad Soleh Pratono. Berapa Pengasuh Pesantren yang dijumpai menyambut insiatif ini, antara lain KH Ahmad Habib, Pengasuh Pesantren Al Imdad, Gus Irwan Masduqi, Pesantren Mlangi, dan Gus Yusuf Chudlori, Pesantren API. Semua mendoakan agar program ekopesantren yang diusung ini berjalan lancar dan mendapat kebaikan. Beberapa Kiyai lain seperti KH An Im Falahuddin Mahrus, dari Lirboyo, juga menyambut program ini.

Foto kegiatan:

 

LIHAT JUGA

 

Bagikan Artikel
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Recent Posts