Ustadz Abdul Somad: Selamatkan Gambut

Pakanbaru (4/10) – Dai sejuta ummat, Ustadz Abdul Somad Lc MA, menghadiri pertemuan Dai Restorasi Gambut dalam upaya meningkatkan semangat serta penambahan kapasitas para dai Gambut yang ada di Siak, Riau.  Beliau memberikan tausiyah tentang Pelestarian Gambut Dalam Perspektif Islam.  Acara diadakan 3-5 Oktober 2018. Para dai tersebut merupakan peserta mewakili tiga propinsi, Sumsel, Jambi dan Riau. Acara ini diadakan oleh BRG dalam upaya peningkatan kapasitas dan evaluasi kegiatan pelatihan dai terdahulu.

Lihat : Foto-foto Pelatihan Dai Gambut

Bulan Mei-Juni Pusat Pengajian Islam-UNAS, MUI dan BRG memfasilitasi pelatihan dai konservasi gambut sebanyak 187 orang.

“Usia gambut itu, ratusan tahun,*kalau memotong pohon sidr saja, disungkurkan kepala di neraka jahannam. Maka orang yang membakar hutan itu, kira kira berapa ribu tahun (masuk neraka) hukumannya.” ujar beliau.

Pusat Pengajian Islam, diwakili oleh Dr (cand) Hendra M Saragih,  Sekretaris PPI, yang diutus dalam acara ini mendapingi tim dari Majelis Ulama Indonesia yang diwakili oleh MUI, Riau.

*) menurut kajian  ilmiah usia gambut adalah sejak zaman Holocene, yang berarti 11700 tahun lebih(red), lihat Wikipedia

Lihat juga: