Wakaf untuk Pesantren Ramah Lingkungan

JAKARTA (PPI, 11/06)- Pesantren Annur Pisang Sambo, di Karawang, Jawa Barat, mendapatkan bantuan untuk membangun pendopo pesantren, memfasilitasi anak-anak usia dini yang akan memdapatkan pembelajaran al-Qur ‘an di sekitar desa tersebut.

IMG-20180611-WA0029
Ustadz Yayad Nurhayad , berpeci putih, menerima secara simbolis bantuan pembangunan Pesantren Annur, dari Direktur Pusat Pengajian Islam Dr Fachruddin Mangunjaya.

Penyerahan dana dilakukan pada Senin (11/6) di kantor Pusat Pengajian Islam, diterima oleh Ustadz Yayat Nurhayadi, selaku direktur Pondok Pesantren tersebut. Pendanaan pembangunan ini memerlukan biaya sekitar 80 juta, dengan cara sebagiannya memanfaatkan limbah plastik bekas sebagai bangunan. Pusat Pengajian Islam, mempunyai program ekopesantren, dan mendorong supaya pendidikan Islam di seantero tanah air dapat mempelopori kegiatan sekolah ramah lingkungan.

Lihat juga: Ekopesantren

Adapun dana yang diserahkan merupakan wakaf, dana yang terkumpul sejauh ini baru terkumpul 35 juta. Dra. Budi Ira Ningrum, selaku perwakilan donatur Alumni Ikafabiona 84, mengatakan “Dana yang ada merupakan wakaf dari alumni Fakultas Biologi angkatan 84 Peduli. Dana ini diharapkan dapat membangun pesantren tersebut sebagai wakaf,” ujarnya.

Rencananya, kekurangan pendanaan akan dicarikan melalui dana publik, bekerjasama dengan Qoloni Crowdfunding atau sumbangan dari masyarakat luas dan juga para alumni Universitas Nasional yang berminat.

Beberapa waktu sebelumnya PPI juga telah menyerahkan bantuan empat ekor kambing untuk Pesantren Daarul Afkar di Ujung Kulon, Banten dan sekarang domba tersebut telah berkembang biak.

Lihat:  Wakaf Al Qur an dan Domba

Keperdulian terhadap dunia pendidikan dan program ramah lingkungan, merupakan komitmen PPI agar lembaga ini dapat terus mengabdi dan bermanfaat bagi umat manusia.

Berita Terkait: