World Muslim Leadership Forum, London

World Muslim Leadership Forum (WMLF) mengadakan pertemuan kedua dengan tema World Muslim Leadership Forum on Youth Leadership yang terkait dengan Pemuda dan Pembangunan Berkelanjutan (Youth and Sustainable Development). Konferensi yang diikuti oleh berbagai tokoh muslim dari berbagai negara ini membahas berbagai aspek leadership, termasuk kepeloporan kaum muda dan perubahan yang terjadi terutama di negara-negara Muslim serta keterkaitan dengan masalah lingkungan hidup, economic finance, response sosial anak anak muda, pembahasan tentang media dan perempuan, serta remaja dan media baru, seperti blog, Facebook, dan sejenisnya.

Acara diadakan Dartmouth House, Mayfair,London ini, bekerjasama dengan Faith Regent Foundation dan Asian Strategy & Leadership Institute (ASLI).) yang berbasis di Malaysia.

forum-kepemimpinan-muslim-world

Banyak catatatan tentang dialog sehari ini, mereka yang datang terutama yang muda muda berumur 30 dan 40, mempunyai pandangan dan kecakapan berbicara yang luar biasa, dan mengagumkan. Beberapa adalah pasangan muda, misalya Ali Aslan dan Istrinya yang menurut saya mempunyai pendangan dan kemampuan intelektual yang baik sebagai leader Muslim.

Saya juga kagum dengan pasangan muda Mr Mirza Sarajkić Assistant Lecturer of Modern Arabic Literature and Middle East Studies Faculty of Philosophy, University of Sarajevo dan istrinya Amineh Sarajkić dari Sarajevo Bosnia. Pasangan muda ini sungguh mengagumkan, membawa anaknya yang masih enam bulan, dalam kereta sehingga masuk kedalam gedung pertemuan House of Common di Westerminster, dalam simposium kami tanggal 27 September di gedung Parlemen yang berusia 500 tahun itu.Saya bilang Hamzah Sarajkic, merupakan visotor muda House of Common kali ini.

Saya membawakan makalah sebagai ‘keynote speak” dengan judul Solving the Problems: Youth Response to Sustainable Development. Peserta lain adalah Mr Hayu Prabowo dari MUI yang membawa makalah Sustainable socio economic development yang membicarakan tentang green economy and green banking dan praktik Islamic Banking di Indonesia.

Mudah mudahan saya cukup waktu untuk menuliskan artikel tentang kegiatan ini dalam waktu dekat. Wassalam!