Plakat PPICenter for Islamic Studies atau
Pusat Pengajian Islam (PPI), merupakan salah satu pusat studi yang ada di Universitas Nasional, dicanangkan pendiriannya  pada 30 Jumadil Awwal 1405 H bertepatan dengan 20 Februari 1985, diresmikan oleh Rektor Universitas Nasional Prof. Dr. Mr.Sutan Takdir Alisyahbana dan Menteri Agama RI H. Munawir Sadjali,MA. dalam piagam yang ditanda tangani oleh dua tokoh tersebut, disebutkan cita-cita besar Pusat Pengajian Islam: “Semoga Allah SWT meridhai, sehingga bermanfaat bagi umat manusia.”  Dalam prosesnya, pusat studi ini kemudian resmi berada dibawah Rektor Universitas Nasional  dengan SK Rektor Universitas Nasional No 247 Tahun 1999.

Pusat Pengajian Islam (PPI) berkonsentrasi pada kajian kontemporer tentang tantangan Islam terkini, terutama dalam kaitan dengan Perspektif Islam dalam lingkungan hidup, konservasi alam dan perubahan iklim. Kami membangun jembatan penghubung antara para ahli dan tokoh dengan komunitas Muslim serta ilmuwan dan praktisi lingkungan demi kebaikan manusia dan planet ini. Kami mendorong integrasi  pemikiran Islam dan kajian ilmiah dan berkontribusi pada inisiatif lokal, nasional, regional dan internasional tentang Islam dan lingkungan.

Kajian kami juga terbuka untuk kegiatan yang bersifat akademis dan kajian-kajian tentang pemikiran Islam baik klasik maupun kajian pemikiran Islam modern yang kemudian bersifat sebagai landasan praksis dan sumbangan lembaga pemikiran (think thank).

Visi dan Misi

Visi 

Menperkuat  peradaban dengan ilmu dan iman

Misi

Memperkuat dan memajukan ilmu pengetahuan dan menyokong keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Memajukan ilmu pengetahuan dan mempelajari khazanah Islam yang dapat menjadi modalitas bagi kemajuan umat manusia khususnya bangsa Indonesia dan berkontribusi pada dunia.

Paparan Ketua Center for Islamic Studies tentang Sejarah berdirinya PPI Sejak 1985

Program:
Kami bekerja di berbagai bidang termasuk:

Selanjutnya lihat: