Penyerahan Wakaf Toilet untuk Stimulus Masyarakat

KARAWANG –(Pusat Pengajian Islam 30/8). “Masyarakat yang sehat, kuat dan cerdas menjadi harapan agama dan  dan bangsa. Dan tujuan pembangunan masyarakat dengan air yang sehat dan sanitasi yang baik, menjadi tujuan dalam penyelamatan generasi dan keturunan, sebagaimana yang dimaksudkan dalam tujuan syariah (maqasid al syariah),” demikian sambutan dari Dr Fachruddin Mangunjaya, Ketua Pusat Pengajian Islam (PPI) Universitas Nasional dalam acara penyerahan Penyerahan dua unit toilet dilakukan telah dilakukan, Rabu (30/8) di komplek Pesantren Annur Putra, Dusun Pisang Sambo, dan Dusun Karajan Desa Kampung Sawah, Karawang.

IMG-20170830-WA0066
Penyerahan toilet kepada Ustadz Yayat, Pimpinan Pesantren Annur Pisang Sambo, Kawarang. untuk dipergunakan oleh komunitas Pesantren dan sekitarnya. Foto: PPI/Gugah Praharawati

Dua desa tersebut, sejak  Februari lalu menjadi target pembinaan sebagai kawasan yang didampingi melalui para memuka agama untuk mengentaskan tantangan dalam Program Water Sanitation and Hygiene (WASH).

Lihat berita: Peningkatan Kapasitas dan Pendampingan Dai WASH

Serah terima tersebut dihadiri oleh para asatizd yang pernah mendapatkan pembekalan dengan da’wah sanitasi di MUI beberapa bulan sebelumnya.

Lihat juga: Safari Ramadhan Mendampingi Dai WASH

Ustadz Libi Bakri, salah satu  Ustadz yang mewakili masyarakat Desa Kertajaya Kampung Sawah, mengharapkan program ini terus berlanjut dengan pembekalan dan pendampingan dan berhadap masyarakat dapat meniru kegiatan ini,dan berhenti untuk membuang hajat tanpa toilet.20170830_174717

Ustadz Yayat Nurhayadi, Pimpinan Pondok Pesantren Annur Ps Sambo, mengucapkan terima kasih. “Dengan adanya toilet ini santrinya bergairah dan menjaga kebersihan, bahkan karena kelihatan kurang kami menambah kembali dua unit. Karena melihat masyarakat antri besrta santri”, katanya.

Pihak Manajemen Universitas Nasional yang diwakili oleh Rektor  IV Bidang Kemahasiswaan, Dr Zainul Jumardin, berpesan bahwa kegiatan ini menjadi wujud nyata dari pengabdian Universitas Nasional dalam implementasi ilmunya untuk masyarakat. “Mudah mudahan berguna untuk masyarakat luas dan berdampak pada kesehatan dan kualitas hidup masyarakat” ujar Pembantu Rektor bidang Kemahasiswaan tersebut.

Lihat juga: